Jumat, 13 November 2020

Makanan Khas Yogyakarta

 

makanan khas jogja

Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang ada di Indonesia. Banyak orang yang berkunjung dan menetapkan Yogyakarta sebagai destinasi wisatanya. Hal ini memang tidak dapat dipungkiri, sebab Yogyakarta memang layak untuk dikunjungi. Ada beberapa alasan orang untuk berkunjung ke Yogyakarta, mulai dari tempat wisatanya, budaya, sejarah sampai kepada kulinernya.

Ya, Yogyakara merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi surganya kuliner. Nah di antara banyaknya makanan di Yogyakarta, ada beberapa makanan khas yang paling banyak dicari. Apa saja? Baca sampai habis ya..

1. Gudeg
Makanan khas Yogyakarta yang pertama adalah Gudeg. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka. Terdapat 3 jenis gudeg yang ada, yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Untuk menikmati gudeg, rasanya tidak lengkap tanpa pelengkap seperti sambal goreng krecek, telur dan tempe. Harganya juga tidak mahal, cocok banget deh untuk yang kantongnya terbatas.

2. Bakpia
Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah Bakpia, yang jika diartikan kata bak berarti daging dan pia berarti kue. Namun jangan disalahartikan, Bakpia tidak memiliki rasa daging saja, tapi ada rasa-rasa lain, seperti rasa kacang ijo, coklat, durian dan masih banyak lagi. Nah, Bakpia yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Bakpia Pathuk yang berlokasi di Jl. Pathuk. Kalau kalian liburan ke Yogyakarta, wajib deh membeli Bakpia sebagai oleh-oleh.

3. Geplak
Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah Geplak. Geplak juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Geplak diolah dari tepung beras, parutan kelapa, gula pasir, garam serta gula jawa (opsional). Makanan yang satu ini berbentuk seperti bulatan dan memiliki rasa yang manis. Aromanya wangi dan dikemas dalah warna warni yang menarik minat pembeli.

4. Oseng Mercon
Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah Oseng Mercon. Makanan ini dibuat dari tumis tetelan sapi yang kemudian dimasak dengan cabai rawit sehingga memiliki aroma yang tajam. Selain tetelan sapi, tersedia juga olahan cumi dan udang. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: tetalan daging sapi, cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, jahe, lengkuas, garam dan gula merah. Buat kalian pecinta rasa pedas, wajib deh untuk mencoba makanan satu ini.

Nah, itulah beberapa makanan khas Yogyakarta yang boleh kalian coba jika berlibur kesana. Jika kalian ingin berlibur kesana, kalian bisa cek Promo Tiket Jogja untuk mendapatkan tiket murah. Semoga bermanfaat ya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliner Seindo Blog
Membahas Seputar Makanan Yang Ada Di Seindo (Seluruh Indonesia). Selamat Membaca :)